Cara pengoperasiannya :
Matic anda tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu kaki yakni kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti mobil manual. Pada mobil dengan trarnsmisi manual , kedua kaki anda aktif, kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk menginjak rem atau gas.
Jadi pada mobil matic, kaki kiri anda
bebas sama sekali, sedang tangan kiri anda juga bebas , kecuali anda
mundur , parkir, dan pertama kali bergerak maju.
Sistem kerja dari versnelling matic dan
manual, ada beberapa perbedaan , tetapi yang inti adalah pada sistem
matic perpindahan gigi diatur oleh ECU ( sistem matic sekarang yg sudah
canggih)
Matic atau Transmisi kecepatan automatic
, fungsi kecepatan putaran disesuaikan secara automatic dengan putaran
mesin atau di jalan menurun dengan putaran mesin rendah , oleh karena
ada gaya dorong dari berat kendaraan sehingga akan terjadi percepatan
secara automatic. Manual atau Transmisi , Fungsi kecepatan kendaraan
disesuaikan dengan putaran mesin dan diatur secara manual dan bertahap ,
pada jalan menurun dengan putaran mesin rendah transmisi manual dapat
menjadi alat bantu pengereman atau menahan laju kenderaan. Kenderaan
matic simple dan pemakaian kampas rem agak berlebih , hati-hati pada
jalan licin dan berlumpur.
Perbedaan yang paling jelas adalah:
Mobil matic merubah rasio transmisi daya
dari mesin menuju ke roda secara otomatis untuk meningkatkan kenyamanan
pengemudi maupun penumpang. sedangkan Mobil manual memungkinkan
pengemudinya untuk mengatur sendiri rasio putaran mesin terhadap roda
untuk mendapatkan laju mobil yang diinginkan.
Berikut penjelasan singkatnya:Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik dengan memperhitungkan berbagai parameter. diantaranya, putaran mesin, pijakan pedal gas, kecepatan, dan parameter yang lainnya. jadi, pengemudi tidak lagi diributkan dengan takometer, speedometer, pedal kopling dan 4 hingga 6 tingkat percepatan saat melaju di jalanan. pengemudi hanya perlu memindahkan tuas trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan injak pedal gas sejak mobil berhenti hingga kecepatan maksimal dari mobil tersebut.
Tambahan:
Ada juga sistem transmisi semi otomatis. dimana perpindahan gigi dilakukan oleh aktuator robotik. akan tetapi pemilihan percepatan tetap diserahkan pada pengemudi. Dengan demikian perpindahan rasio dapat terjadi dengan cepat dan halus, akan tetapi performa mesin masih dapat dikail hingga RPM mesin yang diinginkan dengan memilih tingkatan rasio secara manual.
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
mobil matic tidak ada pedal clutch karena itu kaki kiri kita tidak perlu menginjak. ini sangat membantu orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki (terutama kaki kiri, untuk stir kanan).sedangkan mobil manual harus menggunakan kedua kaki, yakni kaki kiri untuk injak pedal clutch dan kaki kanan injak pedal gas atau rem.untuk persnelling mobil matic bekerja secara otomatis pada setiap pencapaian kecepatan dan pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi jalan.Sedangkan mobil manual menggerakkan persnelling diikuti penginjakan pedal clutch.
Mobil manual menggunakan sistem
transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi manusia sebagai sumber utama
penggerak transmisi. Mobil matic menggunakan sistem transmisi matic
yang digerakan otomatis oleh mesin itu sendiri. Jadi didalam mesin mobil
tsb sistem kopling dan transmisi bekerja otomatis karena ada komponen
yang jumlahnya lumaya banyak yaitu sbb :
1. Torque Konverter2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !