Syeh Hamzah Fansury - SMJ SHARING
Headlines News :
Home » , » Syeh Hamzah Fansury

Syeh Hamzah Fansury

Written By Syarwan on 06 Mei 2014 | 21.12

Seminar yang diberi kata sambutan oleh Prof. Dr. Sayyed Ahmad Fazeli, Rektor The Islamic College Jakarta tersebut dibagi kepada tiga sesi menghadirkan para pembicara yang ahli pada bidangnya masing masing.

Seminar ini diberi pengantar oleh Dr. Alwi Shihab. Dalam pengantanya itu Alwi mengatakan baginya diminta memberi kata pengantar bagi diskusi bertema tasawuf seperti berjualan air di tengah para penimba air. Maksudnya pengetahuannya tentang tasawuf tidak lebih baik daripada para pakar tasawuf di tempat itu. Kita tahu bahwa The Islamic College adalah lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pengkajian dan pembelajaran Filsafat dan Tasawuf.

Alwi dalam bukunya  "Akar Tasawuf di Indonesia" memberikan kasifikasi yang kurang tepat terhadap tasawuf . Lihat saja dia mengatakan tasawuf yang diamalkan Nuruddin Ar-Raniry adalah Tasawuf 'Sunni' sementara tasawuf yang diamalkan Hamzah Fansury adalah 'Tasawuf Falsafi'. " Tasawuf Sunni" disebut juga  'Tasawuf Akhlaqi'.  Tariqah Alawiyah diikuti hampir semua para pengukut "Tasawuf Akhliqi". Tariqah Alawiyah  tidak lepas dari pengaruh pemikiran Ibnu Arabi. Klasifikasi-klasifikasi itu dibuat untuk kemudahan penelitian akademisi dan oleh Syi'i dijadikan kepentingan penyebaran aliran.

Salah seorang peserta seminar bertanya pada Dr. Haidar Bagir kenapa "Tasawuf Akhlaqi" lebih populer di Nusantara daripada "Tasawuf Falsafi". Bagir menjawab karena masyarakat awam  berfikirnya literatis dan praktis. Jadi karena Tasawuf  Akhlaqi lebih mudah mereka pahami, itu yang mereka terima. Pada pernyataan Bagir ini kita memperoleh penegasan bahwa Tawawuf Falsafi cuma beda level dengan Tasawuf Akhlaqi. Yang pertama membahas "apa yang sebenarnya" dan yang kedua membicarakan "apa yang sebenarnya".  Jadi, apa yang terlihat tidak wajar ditengah masyarakat belum tentu sesat.

Kita tahu bahwa ajaran Fansury bertentangan dengan Raniry. Kita juga tahu bahwa Sunni konfrontasinya dengan syi'i. Jadi penggolongan ajaran Raniry sebagai Tasawuf Sunni adalah sebagai penggiringan stigma secara perlahan agar nantinya diharapkan tasawuf falsafi itu adalah miliknya Syi'ah.  Mungkin inilah tujuan diselenggarakannya seminar yang juga turut merangkul Universitas Paramadina, Departemen Filsafat Universitas Indonesia dan Penerbit Mizan.

 Prof. Dr. Sir Azyumardi Azra yang mendapat jatah berbicara pada sesi pertama seminar mengingatkan bahwa Ibnu Arabi itu jelas-jelas Sunni. Pemikiran Fansury paling besar dipengaruhi pemikiran Arabi. Dan Kita juga tidak akan berdebat bahwa Fansury adalah Sunni. Penyebutan 'Tasawuf Falsafi' pada ajaran Fansury adalah karena ajarannya yang memberi kesan Wahdatul Wujud. Lebih Aneh lagi, RA. Nicholson mengatakan bila tidak mengikuti konsep Wahdatul Wujud seorang tidak patut disebut sufi (Alwi Shihab, Akar Tasawuf di Indonesia, Depok: IIMaN, 2009 h.58)

Sementara yang lebih mengherankan adalah ajaran Raniry yang menentang Wahdatul Wujud dikatakan ajaran Tasawuf Sunni. Datang kata 'tasawuf' untuk ajaran Ar-Raniry saja "tidak beralasan". Raniry, Fansury, Syamsuddin dan semua ulama Melayu adalah Sunni. Pengistilahan dan klasifikasi tak beralasan terlihat sama seperti strategi Israel dalam mencaplok wilayah Palestina. Lembaga penyelenggara seminar ingin agar "tasauwuf Falsafi" dianggap ajaran Syi'ah. Mereka ingin memberik kesan bahwa mazhab tasawuf pertama yang berkembang di Indonesia adalah Syi''ah punya. Bila strategi ini berhasil, mereka akan dengan bangga mengatakan bahwa ajaran Islam mula-mula di Nusantara adalah ajaran Syiah; jadi ikut Syi'ah bagi masyarakat Nusantara adalah "kembali".

Prof. Dr. Kautsar Azhar Noer sendiri melihat aspek tasawuuf terbagi menjadi aspek teoritis dan aspek praktis. Meski demikian, saya melihat kedua aspek tersebut tidak dapat dipisahkan begitu saja sebab kedua aspek tersebut dijalankan secara beriringan oleh sufi zaman dahulu. Sufi yang mempunyai kemampuan menulis akan menuliskan gagasannya, sementara yang tidak mampu tidak menulis. Jadi yang menulis itulah yang disebut teoritis. Karena itu yang teoritis pastinya praktis juga. Kalau sekarang sufi sendiri hampir tidak menulis, yang menulis tentang sufi adalah akademisi atau pengamat sufi yang tidak menjadi sufi.

Alwi mungatakan, sebagaimana yang disebutkan Jalaluddin Rumi dan Annemarie Schimmel, pendefenisian terhadap'tasawuf' adalah mustahil. Atau kalau tasaswuf didefinisikan, maka bukanlah tasawuf yang abadi, bukan yang sebenarnya. Pendefenisian terhadap Tao juga begitu. Kata Lao Tzu, Tao yang disefenisikan bukanlah Tao yang abadi (Fritjof Chapra, The Tao of Physics, Yogyakarta: Jalasutra, 2009: 20). Uniknya, Tao dan Tariqah dalam Tasawuf punya arti yang sama: jalan. Tasawuf memang tidak bisa dipisahkan dengan Hindu, apalagi aliran Wujudiyah.

Orang-orang aliran Wujudiyah sering mengungkapkan kata-kata yang sama dengan Fir'aun, yaitu mengaku diri sebagai tuhan. Sufi aliran itu mengakui orang-orang menentang mereka karena ketidak tahuan. "Kalau saja pembunuhku mengetahui, niscaya mereka tidak akan melakukannya" kata Hallaj. Biyazid Al-Bistami bahkan berani mengucap "maha suci aku" sebuah ungkapan yang hanya patut diperuntukkan pada Allah Swt. saja.

Seorang Orientalis bernama Louis Massignon mencoba memahami maksud dari ucapan para sufi. Dia mengatakan bahwa bahasa sufi adalah bahasa simbolik, jadi tidak perlu dimaknai secara verbal.

Pendapat Massingnon dapat diterima orang-orang yang punya intelengia tinggi, namun tidak oleh awam. Awam menafsirkan sesuatu apa adanya. Mereka polos. Sementara kebanyakan intelektual punya kepentingan ternyadap pernyataan-pernyataan di luar ortodoksi.

Menurut Alwi lagi, Tasawuf Filosofis adalah upaya mengemukakan intuisi melalui rasio. Namun sayang, semakin intuisi ini dirasionalisasikan, semakin dianya membingingkan.
Al-Jili melalui kitabnya "Insan Kamil" berniat menyederhanakan pemikiran Ibnu Arabi. Namun yang terjadi adalah semakin rumit dan berbelit-belitnya ajaran itu. Sebab bahasa memiliki keterbatasan dalam mengungkapkan hal-hal diluar batas rasionalitas. Meski bahasa, adalah sarana terbaik dalam mengkomunikasikan gagasan.

Alwi melihat Raniri hanya mengkritik Fansury, namun sama-sekali tak menyinggung Ibnu Arabi yang menjadi sumber gagasan teori Fansury. Saya kira ini wajar, sebab Raniry tidak punya kepentingan mengkritisi pemikiran Arabi. Kepentingan Raniry adalah mengusir para pengikut pahan Fansury karena punya keinginan menjadi Mufti kerajaan Darussalam. Lagi pula Arabi bukan satu-satunya sumber gagasan Fansury. Pun masyarakat tidak tahu-menahu gagasan Arabi secara utuh.

Belakangan orang-orang mulai tahu bahwa kepentingan Raniry adalah politis. Namun masih sedikit orang yang tahu bahwa akhirnya Raniry kalah debat dengan salah seorang pengikut Fansury dari Minang Kabau bernama Syaiful Rizal. Karena kalah, Raniry harus kembali ke negeri asalnya Ranir untuk menimba ilmu lagi. Jadi gagaran Raniry tidaklah bertahan lama di tanah Melayu.

Direktur Mizan, Dr. Haidar Bagir pada kesempatan itu menguraikan bagaimana gagasan Arabi masuk ke Nusantara. Dia menjelaskan Arabi punya murud yang juga anak tirinya bernama Khunawi. Khunawi adalah anaknya guru Arabi bernama Ishak yang meninggal dunia lalu istrinya dikawininya.

Kata Bagir, Khunawi suka berkirim surat dengan Nasruddin Thusi. Dari surat menyurat antara kedua intelektual inilah bertemunya antara pemikiran Filsafat Peripatetik dengan Tasawuf Filosofis.  Tasawuf Fisosofis sendiri adalah gagasan filosofis yang dikenbangkan dari pengalaman mistik yang digagas oleh Syihabuddin Suhrawardi Al-Maqtul. Ide Suhrawardi ini tidak lepas dari pengaruh Imam Ghazali yang merumuskan kajian Fiqih melalui bahasa filosofis. 

Sir Azra mengatakan kontribusi terbesar Al-Ghazali adalah mengawinkan esoterisme dengan eksoterisme Ialam. Kalau bukan karena Al-Ghazali yang berhasil menarik kembali pemikiran Tasawuf Filosofis maka model pemikiran tasawuf Ibnu Arabi, Biyazid Al-Bistami dan Mansur Al-Hallaj akan menjadi agama tersendiri terpisah dari Islam. Argumen Azra ini saya kira bukannya tidak beralasan. Meskipun para sufi itu menjalani tasawuf di dalam syariah, namun warna dan cita ajaran mereka secara verbal terlepas jauh dari ajaran-ajaran pokok yang dikemukakan dalam Al-Qur;an dan Hadits. Kalau saja agama Hindu memiliki seorang Al-Ghazali, saya yakin agama Budha, Kunfusianisme dan Konghucu tak akan ada.

Bagir mengatakan ajaran Tasawuf dalam Islam murni dari sumber teks Islam, Al-Qur'an dan Hadits. Padahal Penggagas Filsafat Illuminasi, Suhrawardi mengaki salah satu sumber inspirasinya adalah ajaran Zoroaster.

Ronggowarsito adalah sufi kejawen. Namun keyakinan ini tidak sepenuhnya benar karena alasan dia banyak menimba ilmu dari Hindu Bali. Gagasan Ronggowarsito yang diakui identik dengan ajaran Hindu justru adalah bukti sulitnya dibedakan aliran sufi tertentu dengan ajaran Hindu. Kita harus tahu bahwa ajaran Hindu asli sangat monoteistik. Jadi kita harus berlapang dada menerima bahwa sila pertama Pancasila itu asli ajaran Hindu, bukan Islam!

Selain Khunawi, Jili juga sebenarnya mengikuti paham pemikiran Arabi meski konsep 'Wahdatul Wujud' Arabi dia ganti dengan Istilah 'Tauhid Wujudi'. Karena penggantian istilah ini, meski secara keseluruhan pemikiran Jili tidak terlepas dari pemikiran Arabi, namun dia berhasil lolos dari stigma sebagai sosok kontrofersial.

Pada Abad ke-16, Asy-Sya'rani dari Jazirah Arab menjadi transformator pemikiran Arabi ke berbagai pelosok Dunia Islam termasuk Nusantara. Saya yakin pemikiran Arabi telah lama menjadi bagian dari inspirasi pemikiran intelektual Nusantara. Namun barulah pemikiran Arabi populer di Nusantara oleh Fansury. Ada pendapat yang menyatakan Sya'rani adalah salah satu guru Fansury ketika dia menimba ilmu di Tanah Arab.

Satu lagi Intelektual  yang ikut mempengaruhi gaya pemikiran Ibnu Arabi ke Nusantara yaitu Burhanpuri Al-Hindi melalui kitabnya yang hingga kini masih populer di kalangan masyarakat santri tingkat atas yakni "Tuhfah Al-Mursalah Ila Ruh Al-Nabi". Kitab yang ditulis pada tahun 1590 ini  membahas tentang martabat wujud. Kitab ini awalnya sulit dipahami sehingga para ulama Nusantara meminta pada kerajaan Utsmani untuk memberi solusi terhadap persoalan ini. Menanggapi itu, kerajaan Utsmani meminta Ibrahim Al-Qurani menulis sebuah kitab penjelasan tentang Tuhfah. Kita itu diberi judul Izhab Addhaqi. Ditulis tahun 1596.

Belakangan juga timbum konflok yang hampir sama dengan kasus Fansury-Raniry di Aceh. Amran Waly menyusun sebuah buku tasawuf yang mengikuti jejak pemikiran pantheisme. Buku ini ditentang Abu Ibrahim Bardan. Menurut Abu Bardan yang populer dengan sebutan "Abu Pantèn" buku tersebut dapat menyesatkan awam. Beruntung ada Abuya Prof. Dr. Muhibuddin Waly yang berhasil meredan konflik tersebut. Peran Muhibuddin dalam mendamaikan konflik ini sama dengan peran Syeikh Abdurrauf "Syiah Kuala" As-Singkili meredan konflik Hamzah-Raniry.

Di Masa depan Tasawuf Falsafi akan terus dibutuhkan masyarakat modern karena mereka yang larut dalam hal-hal praktis, pragmatik dan instan akan melahirkan pertanyaan-pertanyaan esensial. Agama dan Filsafat terlihat kurang mampu memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. 'Sesuatu' harus mampu memberi jawaban yang dapat memuaskan pertanyaan mereka. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat dijawab secara ferbali oleh filsafat. Namun karena pertanyaan dimaksud bukan bermakna literar, maka selalin memberi jawaban juga diperlukan solusi. Agama yang menawarkan halal-haram, hitam-putih tidak mampu menghilangkan dahaga manusia modern. Menjalankan agama menurut kaidah fiqih saja akan hambar. Karena itu di dalam ketaatan pada ajaran fikih, terdapat sebuah nuansa yang indah bila dirasakan, dinikmati dan dihayati. Saya kira itulah Tasawuf. Tasawuf, selain mampu memberi kenikmatan juga harus mampu melahirkan jawaban-jawaban pada pertanyaan-pertanyaan yang ekstrim dan mendalam yang datang dari perenunungan terdalam manusia. Di samping ini, rasa yang nikmat dalah tasawuf juga harus mampu melahirkan pribadi yang memiliki etos kerjatinggi dan berbudi luhu. Jadi mana mungkin ada dualitas antara 'falsasi' dan 'akhlaki' dalam tasawuf. Keduanya berjalan seiring sejalan, saling melengkapi. Senyawa!

Tidak ada sufi yang melanggar dari syariat. Kalau ada, dialah yang disebut pseudo sufi. Sufi jadi-jadian, sufi bajakan. Prof. Dr. Abdul Hadi WM selalu memperingatkan agar jangan sekali-kali mempertentangkan antara tasawuf dengan fikih.

Hadi memflash back bagaimana ulama dahulu paham benar ilmu-ilmu agama juga sangat menguasai ilmu-ilmu lainnya. "Jabir Ibnu Hayyan di samping ahli Kimia, ternyata juga seorang ulama tasawuf" katanya. Dia memperingatkan kaum muslim harus memahami ilmu agama secara utuh dan menyeluruh lalu dia mempelajari filsafat. "Filsafat melahirkan ilmu-ilmu eksak yang melahirkan teknologi. Teknologi dibutuhkan untuk memudahkan kita menjalankan agama". Dia memperingatkan segala macam ilmu yang dipelajari bila tidak mendekatkan kita pada Allah harus segera ditinggalkan "apalagi bila menjaukan kita dari Allah".

Pesan Hadi memang sangat tepat. Namun saya melihat di masa depan kita tidak akan mampu lagi melahirkan muslim yang beriman sekaligus memiliki keahlian luar biasa di bidang ilmu. Alasannya adalah cara kita mempelajari agama sekarang sudah sangat berbeda.

Ilmuan muslim dahulu terlebih dahulu mempelajari dan mengamalkan agama saat usia dini. Setelah amal dan ilmunya mantap barulah mereka belajar ilmu-ilmu lain. Karena bekal agama mereka dalam, setiap cabang dan tingkatan ilmu lain mereka pelajari semakin menambah keimanan mereka.


Husain Herianto pada kesempatan itu menceritakan astronom masuk Islam karena menemukan ketakjuban pada pemikiran Arabi di tengah pergelutannya dengan ilmu tentang angkasa itu. Astronom menemukan jawaban-jawaban yang mengesankan atas pertanyaan-pertanyaannya mengenai ilmu astronomi.

Generasi muslim hari ini dan akan datang terlebih dahulu disibukkan ilmu-ilmu eksak. Lalu baru mempelajari agama sepintas lalu. Sistem pendidikan sekarang memaksakan penguasaan ilmu eksak dan sama sekali tidak memrioritaskan pembelajaran agama. Pembelajaran agama sekarangpun dipelajari sebatas diketahui, bukan untuk diamalkan. Padahal ilmu agama itu dipelajari untuk diamalkan. Mengamalkannya harus dibiasakan sejak usia dini. Di samping itu, diperlukan sebuah lingkungan yang mendukung pengamalan itu. Ini semua tidak dimiliki oleh kita sekarang dan akan datang.

Mengenai kecenderungan akan tasawuf oleh manusia modern seperti yang sering dikemukakan Haidar Bagir dan Armahedi Mahzar, ini benar. Tetapi motifnya adalah tasawuf dijadikan pelarian sementara. Manusia masa depan akan lebih banyak melakukan maksiat berbarengan mengikuti tarekat tertentu. Fenomena ini tengah menggejala pada masyarakat kita saat ini terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Dan di masa depan model seperti ini akan mewabah pada seluruh ummat Islam. Inilah yang di khawatirkan Prof. Dr. Kautsar Azhari Noer. Dia menolak pengistilahan 'Sufi Urban' atau 'Tasawuf Kota'. Noer tidak ingin orang-orang yang kumpul-kumpul bersama, berbaju seragam putih semua, mendengar cerama, berzikir-zikir lalu menangis berjamaah disebut kelompok sufi.  Fenomena ini sudah populer di perkotaan. Dan saya mengindikasikan ini adalah zaman fitmah, di mana mereka menangis-nangis sementara mengingat dosa lalu kembali berbuat dosa. Kalau menganggap pendapat ini fitnah, maka ajak tiap-tiap "sufi urban" itu merenungkan pendapat ini.

Hadi membela Fansury yang dituduh pseudo sufi. Bahkan dia mengatakan Fansury sendiri adalah pengikut tarekat Qadariyah. Karena itu tidak mungkin ajaran Funsuty melanggar syari'ah. Katanya kondisi kehidupan Raniry sangat berbeda denga Raniry. Jadi menurutnya tidak tepat sama sekali mempertentangkan kedua pemikiran kedua tokoh itu. Fansury adalah filsuf sekaligus penyair. Jadi alampikirnya tidaklah sama dengan Raniry. Yang bermasalah adalah orang yang mempertentangkan keduanya. Beda arah, beda tujuan.

Hadi juga tidak sepakat mengatakan tasawuf itu sama dengan ajaran Hindu. "Hindu wariskan Borobudur, tasawuf wariskan ilmu" katanya. Parnyataan Hadi tidak sepenuhnya benar seba Hindu juga mewarikan kebijaksanan yang positif dan Islam juga mewariskan batu nisan.

Hadi juga sepakat penentangan Raniry atas Fansury didasarkan kepentingan politis. Dr. Oman Fathurrahman menduga terjapat rentang waktu yang cukup lama antara fansury denganRaniry. Karena karya-karya Fansury yang sampai ke tangan Raniry adalah naskah yang sudah mengalami beberapa kali pengalinan sehingga diindikasikan menyimpang dari pemikiran Fansury yang sebanarnya. 

Dr. Oman Fathurrahman menginformasikan sebuah berita yang agak mengejutkan. Dia mengatakan di Arab ada sebuah nisan bertulis nama Hamzah Fansury. Tercatat tahun mangkatnya 1527. Bila benar itu nisan Hamzah Fansury yang kita maksud, maka gugurlah banyak teori belakangan yang meyakini makam Fansury adalah di Aceh Singkil. Bila teori ini benar maka semakin benar pula bukti bahwa durasi waktu antara Fansury dengan Raniry itu jauh. Bila semakin jauh, semakin tidak otentik pemikiran Fansury yang sampai ke tangan Raniry karena estafet penyalinan naskah semakin banyak.

Hadi mengatakan karakter masyarakat Jawa sukanya pada hal-hal yang mistik, erotik, musik dan sedikit politik. Karena itu, tarekat sangat tepat sebagai wahana pendidikan karakter bagi masyarakat tersebut. Instrumen yang digunakan misalnya wayang. "Kalau Islam model Wahabi yang dibawa, tak akan ada orang Jawa yang masuk Islam" katanya.

Pembicara lainnya, Agus Sunyoto mengatakan tasawuf Falsafi mengesankan tasawuf sebagai pemikiran. Padahal Tasawuf Falsafi itu adalah karya filosofis yang berangkat dari usaha penyampaian pengalaman mistis melalui uraian filosofis atau syair-syair.

Menurut Sunyoto, tasawuf itu tidak sama dengan filsafat. Katanya tasawuf itu ilmu rasa. Dianya untuk dirasakan bukan dipikirkan. Tasawuf itu keheningan, bukan seperti filsafat yang terus menerus melahirkan kata-kata.

Sunyoto menolak tasawuf dianggap aliran yang pasif dan hanya memikirkan aspek keduniawian. Dia mengingatkan bahwa aliran-aliran tarekat di Nusantara adalah lembaga yang mengorganisir dan melahirkan pasukan untuk melawan kolonialis dari Abad ke-18 hingga awal abad ke-20.

Sunyoto adalah orang yang punya perspektif yang sangat berbeda tentang seorang ahli makrifat dari tanah Jawa, Syeikh Siti Jenar.

Seseorang bertanya pada Jenar tentang makna puasa. Jenar menjawab puasa itu identik dengan Idul Fitri. Idul fitri itu itu maknanya fitrah. Fitrah manusia adalah Adam. Fitrah Adam dekat dengan Tuhan. Karena makan Adam Jatuh. Karena jatuh Adam Jauh dengan Tuhan. Untuk naik lagi dan dekat dengan Tuhan kita tidak boleh makan.

Setahu kita Jenar dibunuh karena ajarannya yang sesat. Kepalanya dipenggal. Setelah kepala terpisah dari badan, darahnya mengalir deras dan menyebar. Kapala yang putus terbang mengelulungi badan sebanyak tujuh kali. Lalu mulutnya memerintahkan darah untuk kembali masuk ke badan bila ingin ikut masuk surga. Maka darahpun kembali ke badan. Demikian kisah tragis kematian Jenar yang kita tahu. Kita tahu ajarannya ditentang Wali Songo.

Namun menurus Sunyoto kisah di atas tidak memiliki referensi yang nyata. Cerita di atas menurutnya mitos. Menurutnya apa yang diajarkan Jenar adalah tauhid yang lurus. Perseteruan Jenar sebenarnya bukanlah perseteruan dengan Walo Songo melainkan dengan raja Demak. Dalam filosofi Jawa, raja dianggap sebagai perwakila Tuhan. Sebab itu rakyat harus memberi penghormatan yang sangat tinggi pada raja. Penghormatan pada raja laksana perhormatan terhadap Tuhan ternyata masih diwariskan kerajaan Islam Demak. Hal inilah yang tidak disepakati Jenar. Menurut Jenar, semua manusia adalah perwakilan Tuhan. Raja tidak patut diberi penghormatan yang berlebihan karena dia manusia juga. Karena itulah pihak kerajaan melancarkan fitnah kepada Jenar dengan mengesankan dia melanggar aturan agama untuk memperoleh simpati rakyat.

Wali Songo melihat pemikiran Jenar tidak bertentangan dan bahkan sudah menempuh jalan Islam yang benar. Namun karena tidak ingin terkesan membenarkan Jenar hingga mereka pula dianggap subversif, Wali Songo tidak melakukan pembelaan secara terang-terangan kepada Jenar. Sunyoto mengatakan sebenarnya Jenar disembunyikan oleh Wali Songo dari ancaman pihak kerajaan.

Husain Herianto pada kesempatan tersebut mengistilahkan syariah seperti tangan dan kaki. Sementara mata adalah tasawuf. Maka walaupun anggata badan lainnya ada, tanpa mata, maka tidak akan bisa mengendarai sebuah tunggangan.

Saya melihat tasawuf itu bisa semakin popoler adalah karena adanya konflik dengan ahli fiqih. Konflik terkadang diperlukan untuk memotifasi masing-masing pihak untuk semakin bangkit. Yang tidak dibenarkan adalah saling mengkafirkan dan saling menghujat.

Menurut Herianto, masyarakat awam tidak memerlukan pemikiran karena di lingkungan mereka tidak banyak pilihan. Pilihan mereka cuma dua, bauk dan buruk. Kalau ingin menjadi baik, mereka tinggal mengikuti kebaikan-kebaikan yang telah ada berdasarkan tradisi. Sementara menurutnya pemikiran itu diperlukan di tengah masyarakat unbar karena di sana ada sangat banyak pilihan kebaikan (keburukan juga demikian). 

Hadi mengatakan sebenarnya syair-syair Fansury sama-sekali tidak kontrofersial. Semua petikan puisinya mengajarkan etika-etika kebaikan untuk diamalkan secara praktis. Syairnya memang demikian adanya. Namun kitab-kitabnya ada yang mengajarkan unsur pantheistik dan beberapa masih bisa kita temukan hingga saat ini.  Saya kira bisa jadi pula lagi bahwa banyak kitab-kitab dan karya puisinya yang kontrofersial telah dimusnahkan Raniry.

Mentra 58, 07-08-2011

Syair-syair Fansury yang populer di tengah-tengah kita seperti Syair Perahu (SP), Syair Dagang (SD) dan Syair Burung Pingai (SBP) tidak ditemukan ajaran Wujudiah yang mencolok. Padahal stigma pada penyair Melayu itu adalah ajarannya yang kontrofersial itu. Kalau memang benar demikian, maka benarlah Raniry telah memusnahkan karya-karya Fansury yang berbau Wujudiyah.

Filsafat Aceh Hamzah Fansury


Dalam SP, memang terdapat sebaris bunyi yang agak mengejutkan pada baris terakhir dari penggalan bait berikut ini:

Lailaha Illallah itu kesudahan kata,
tauhid dan ma'rifat semata-mata,
hapuskan hendak sekalian perkara,
hamba dan Tuhan tiada berbeda.

Maksud dari baris keempat kuripan diatas bukanlah ingin menyamakan Tuhan dengan manusia. Kita semua tahu dan wajib pecaya bahwa tidak ada yang sama dengan Allah sesuatu apapun. Maksud tiada berbeda adalah sesuai Firman Allah dalam sebuah Hadits Qudsi. Di sana Allah memberitahukan bahwa sesiapa di antara manusia yang bertakwa kepada Allah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun dan menjalankan segala perintah serta menjauhi sebala larangan Allah, maka Dia menjadi kakinya ketika berjalan, menjadi lisannya ketika berucap dan menjadi tangan-Nya ketika berbuat. Ini dimungkinkan karena setiap perkara yang dilakukan manusia adalah berdasar isi hati melalui fungsi otak.

Dzikir Allah kiri-kanannya
Fikir Allah rupa badannya(SBP)

Karena di dalam hati orang yang beriman hanya ada Allah, maka Allahlah yang menjadi pelaku setiap perbuatan orang yang  Lailaha Illallah itu menjadi awal, akhir dan kesudahan kata yang melingkupi hatinya. Di samping itu, tauhid menjadi esensi kehidupannya  dan ma'rifat akan Allah melingkupi pikiran semata-mata. Prasyarat lainnya menjadi manusia yang dimaksud di atas adalah dianya telah melepaskan diri dari segala kepentingan duniawi. Karena itu, sesiapa yang ingin termasuk kedalam golongan orang yang disebutkan dalam Hadits Qudsi tadi, maka dia harus mampu menghapuskan segala kehendak atas segala sekalian perkara yang Allah larang dan tidak suka.Inilah yang dimaksud hamba dan Tuhan tiada berbeda. Bukan dimaksudkan untuk kufur dengan menyamakan Allah dan manusia sama.

Syair sufi memang bahasa simbolik. Jangan dianya diartikan secara verbal. Jadi apa yang diungkapkan Massingnon dan Hadi di atas tidaklah keliru.

Di antara syair-syair Fansury yang "tersisa", Syair perahu adalah karya yang paling populer karena di dalamnya mengandung pesan yang sangat berguna tentang bagaimana seharusnya kita memaknai hidup dan menjalankan perintah agama. Syair itu dinamakan "Syair Perahu" karena di dalamnya diuraikan bagaimana agama yang mulia ini (Islam) diumpamakan sebagai sebuah perahu yang berguna mengantarkan untuk mengharungi  samudera kehidupan. Perangkat-perangkat agama seperti syahadat diumpamakan tali dan tauhid dibaratkan sauh. Dua perangkat yang tidak boleh tidak ada di dalam sebuah perahu.

Syair Perahu secara keseluruhannya adalah ajaran tentang aqidah. Syair itu mengajak manusia untuk mempersiapkan bekal berupa akidah tauhid yang mantap guna mempersiapkan bekal ketika kelak berada di alam kubur.

Inilah gerangan suatu madah
mengarangkan syair terlalu indah
membetuli jalan tempat berpindah
di sanalah i'tikat diperbetuli sudah. (SP)

Kabar pembuka SP terlalu indah. Ini memang benar sebuah madah, yaitu syair-syair pujian dan pesan-pesan. Pujian pada Empunya langit dan bumi dan pada Nabi junjungan. Penyair Arab juga suka menggubah madah sebagai piji-pujian pada ulama dan penguasa yang bijak. Pesan-pesannya ditujukan pada handai taulan.

Tema utama SP adalah membetuli jalan tempat berpindah. Jalan dimaksud adalah menempuh sisa hidup di dunia. Dunia adalah tempat persinggahan untuk selanjutnya berpindah ke alam barzakh.
Dalam SP Fansury memperingatkan bahwa selama hidup di dunia, setan dan keinginan-keinginan yang dapat menjauhkan manusia dari Allah yang diistilahkan sebagai 'angin' dan 'hiu' selalu membuat aqidah pada Allah selalu terancam.

banyaklah di sana ikan dan hiu,
menanti perahumu lalu dari situ, (SP)

riaknya riaknya rencam ombaknya besar
annginnya song-song (mem)belok sengkar (SP)

Kalau mengatakan ajaran Fanrury adalah pseudo sufi, maka itu tampak keliru. Sebab dalam setiap syairnya dia menganjurkan pentingnya syariat. Dalam pandangan Fansury, syariat adalah prasyarat mencapat derajat ma'rifat, yaitu ilmu akan pengenalan langsung pada Allah.

Syrariat akan tirainya
Tariqat akan bidainya
Haqiqqat akan ripainya
Mai'rifat yang wasil akan isainya (SBP)

Dalam pandangan Fansury serta sufi-sufi lain, derajat ma'rifat adalah derajat tertinggi yang dimiliki seorang hamba setelah dia berhasil menempuh haqiqat yang didahului pengamalan syariat Allah sebagaimana dicontohkan Nabi,

syariat Muhammad ambilkan suluh
Ilmu hakikat yogia kau pertumbuh (SD)

serta thariqat yang merupakan jalan penyucian diri. Fansury memesankan, ilmu hakikat adalah tempat manusia memperoleh derajat tertinggi.

Ilmu hakikat yogia kau ramu
Supaya terkenal 'ali adamu (SD)

Hanya dengan derajat tertinggi, barulah manusia memiliki derajat ma;rifat yang dengan itu dia dapat menjadi: hamba dan Tuhan tiada berbeda.

Dalam literasi tasawuf yang mengusung bahasa simbolik, segala kata sering disalah makna. Misalkan kata 'fakir' diartikan hidup serba kekurangan. Padahal maksud fakir itu selalu bermaksud untuk melawan segala nafsu dan keinginan yang tiada dapat mengantar manusia semakin dekat pada Allah.

Kenal dirimu hai anak dagang
jangan lupa akan diri kamu (SD)

Kenal dirimu hai anak dagang!
di balik papan tidur terlentang (SP)


Dalam SD dan syair-syair lainnya, kata 'anak dagang' jangan diartikan makdudnya kepada kata 'dagang' yang kita pahami dalam bahasa kita sekarang yakni transkasi jual beli. Kata itu dipakai di Melayu sebagai makna orang yang pergi menuntut ilmu. Bahkan sampai saat ini di Aceh, 'pergi berdagang'  masih dimaksudkan seorang muda pergi menuntut ilmu dan menetap di pondol pesantren atau di Aceh disebut dayah.

Dayah, dan sistem pendidikannya masih relevan hingga kini untuk dijadikan sebagai metode pengajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik sebab dalam Islam, yang diutamakan dari pendidikan adalah pengamalannya, bukan penelitian dan sebatas pemikiran. http://filsafataceh.blogspot.com/2011/08/hamzah-fansury.html
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMJ SHARING - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template