Hak Paten Google Vs Facebook Vs Yahoo - SMJ SHARING
Headlines News :
Home » » Hak Paten Google Vs Facebook Vs Yahoo

Hak Paten Google Vs Facebook Vs Yahoo

Written By Syarwan on 28 Maret 2012 | 21.16

Hak cipta mulai dipatenkan oleh semua pemilik brand di dunia ini, terutama dibidang layanan komunitas seperti google, facebook, yahoo de el el.

Apakah yang di patenkan itu benar-benar hasil kreatifitas sang pemilik? kita akan bahas satu per satu tentang hak paten atas nama saja, bukan atas layanan yang mereka jalankan.

1. Google.
Google adalah sebuah mesin pencari tercanggih dan layanan iklan online melalui adwordnya dan saat ini diikuti dengan layanan email gmail.com, blogspot, bahkan google mengakuisisi youtube, orkut, bahkan tahun 2004 google telah membeli saham yahoo sebagai penyelesaian kasus sengketa hak paten.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998, Nama Google sendiri murni berasal dari kreatifitas dari sang pemilik sehingga sangatlah layak mematenkan nama perusahaan mereka.

2. Facebook
Facebook adalah situs layanan sosial komunitas yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pemuda yang sempat kuliah di Harvard Univesity ini memilih drop out, karena ingin lebih fokus untuk mengembangkan situs jaringan facebook.com buatannya. Mark juga telah mendapatkan gelar sebagai pengusaha muda terkaya di dunia. 
Facebook terdiri dari 2 kata yaitu "face" yang berarti wajah/muka dan "Book" yang bearti buku, kita tahu bahwa kata ini sudah duluan ada di dunia ini sebelum Mark lahir hehe... jadi dari segi nama sangat tidak layak dia mematenkan kata "face" dan "Facebook" yang sudah menjadi miliknya. Sedangkan kata "Book" saat ini masih belum resmi dipatenkan, bayangkan para penjual buku akan melanggar hak paten bila kata tersebut di setujui.


3. Yahoo
Yahoo  baru-baru ini sibuk menggugat facebook atas layanan komunitas sosial yang diklam sebagai milik yahoo, bantahan pun muncul dari pemilik friendster yang menyatakan bahwa Paten jejaring sosial yang dimiliki Friendster dibeli Facebook dari MOL Global seharga 30 juta dollar AS.

Yahoo adalah singkatan dari yet another hierarchical oficious oracle dimiliki oleh Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih Yuan. Pada umur 10 tahun, ia "hanyalah" seorang imigran dari Taiwan. Menbangun yahoo dibantu seorang temannya yang bernama David Filo, nama yahoo ini murni milik mereka dan sangat berhak dipatenkan sehingga tidak akan ada orang yang berani meniru nama tersebut.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa Google dan Yahoo murni muncul dari kreatifitas sang pemilik sedangkan Facebook adalah nama yang digabungkan dari 2 kata. Facebook boleh saja dipatenkan tapi saya sangat tidak setuju apabila Face dan Book dipatenkan juga oleh si Mark hehe...
Bagaimana menurut anda?


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMJ SHARING - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template